Contoh Soal PPPK Pedagogik Kemenag 2023 yang Sering Keluar, Cek Disini...
belajarsenibudaya.com- Soal Pedagogik PPPK merupakan bagian dari Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dengan Sistem Penilaian Kinerja Pegawai (PPKK). Soal PPPK pedagogik bertujuan untuk mengukur pengetahuan, kemampuan dan keterampilan calon pegawai di bidang pedagogik.
Pedagogi sendiri adalah ilmu yang mempelajari bagaimana mengajar secara
efektif dan efisien. Dalam konteks
seleksi CPNS, Pedagogi PPPK bertujuan untuk mengukur sejauh mana pemahaman
calon pegawai terhadap prinsip pembelajaran, strategi pembelajaran,
pengembangan kurikulum, dan penilaian pembelajaran.
Soal PPPK Pedagogik terdiri dari beberapa subtes, antara lain:
Prinsip belajar
Subtes ini dirancang untuk mengukur pemahaman karyawan potensial
tentang prinsip-prinsip pembelajaran dasar, seperti tujuan pembelajaran,
strategi pembelajaran yang efektif, dan manajemen kelas.
Strategi pembelajaran
Subtes ini dirancang untuk mengukur pemahaman karyawan potensial
tentang berbagai strategi pembelajaran yang dapat diterapkan dalam konteks
pendidikan, seperti pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran berbasis
proyek, pembelajaran kooperatif, dan sejenisnya.
Pengembangan kurikulum
Subtes ini dirancang untuk mengukur pemahaman calon karyawan tentang
bagaimana merancang dan mengembangkan kurikulum yang efektif dan efisien. Subtes ini meliputi pengetahuan keterampilan
dasar, indikator pencapaian, pembelajaran tematik dan sejenisnya.
Penilaian pembelajaran
Subtes ini dirancang untuk mengukur pemahaman calon karyawan terhadap
berbagai teknik penilaian pembelajaran, seperti penilaian formatif, penilaian
sumatif, dan penilaian autentik. Subtes
ini juga mencakup pengetahuan tentang teknik pengukuran dan evaluasi hasil
belajar.
Untuk dapat menjawab pertanyaan pedagogik PPPK dengan baik, calon
pegawai harus mempersiapkan diri dengan mempelajari dan memperdalam pemahaman
tentang prinsip pembelajaran, strategi pembelajaran, pengembangan kurikulum,
dan penilaian pembelajaran.
Calon karyawan juga harus menguasai konsep dasar di bidang pedagogi dan
mengikuti pelatihan dan workshop yang berkaitan dengan bidang tersebut.
Berikut soal PPPK Pedagogi Kemenag Tahun 2023 yang sering keluar, dapat
dilihat berikut ini:
1. Pada rancangan pembelajaran terdapat contoh kompetensi dasar yaitu mengidentifikasi jenis, sifat, dan fungsi bahan alam dari tanaman untuk produk karya seni rupa dan kriya, maka rumusan indikator yang bisa dikembangkan guru pada tingkatan kognitif mencipta (C6) yang tepat, adalah….
A. Mengelompokan
bahan alam dari tanaman pandan untuk produk karya seni rupa
B. Menyebutkan fungsi tanaman pandan untuk produk karya seni rupa
C. Menjelaskan sifat tanaman pandan untuk produk karya seni rupa
D. Membedakan sifat tanaman pandan dengan tanaman suji untuk produk
karya seni rupa
E. Membuat produk karya sei rupa dari tanaman pandan
Jawaban : E
2. Pada sebuah rancangan pembelajaran (RPP) tertulis contoh rumusan
indikator kompetensi yaitu “menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen
perangkat keras”, jika seorang pendidik akan menyusun menjadi tujuan
pembelajaran maka rumusan yang tepat adalah….
A. Setelah melaksanakan proses pembelajaran melalui praktik, siswa
dapat menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras berupa
komponen input, proses dan output
B. Setelah melaksanakan proses pembelajaran dan menggali informasi
melalui diskusi, siswa dapat menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen
perangkat keras secara benar
C. Siswa dapat menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen
perangkat keras berupa komponen input, proses dan output secara benar
D. Menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras
komponen input, proses dan output tanpa melihat catatan
E. Setelah melaksanakan proses pembelajaran dan menggali informasi
melalui diskusi, materi kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras
secara benar tanpa melihat catatan.
Jawaban : B
3. Pada saat menyusun perencanaan pembelajaran pokok materi tentang
Unggas, seorang guru merumuskan tujuan pembelajaran agar siswa dapat
mendefinisikan hewan unggas, mengelompokan dan membedakan jenis-jenis unggas.
Adapun pilihan strategi pembelajaran untuk menjelaskan materi kepada siswa
tersebut yaitu strategi pembelajaran deduktif. Mendasarkan tujuan dan strategi
pembelajaran tersebut mencerminkan ragam pengetahuan yang jenisnya….
A. Fakta
B. Prosedur
C. Keterampilan
D. Konsep
E. Prinsip
Jawaban: D
4. Perencanaan pembelajaran yang menenkankan pada proses keterlibatan
peserta didik secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan
dihubungkan dengan situasi kehidupan sehari-hari sehingga mendorong peserta
didik dapat menerapkan dalam kehidupan mereka, pilihan strategi pembelajaran
yang tepat yaitu….
A. Kooperatif
B. Inkuiri
C. Problem solving
D. Discovery
E. Kontekstual
Jawaban: E
5. Saat merancang pembelajaran seorang guru ingin menyederhanakan
konsep/prinsip /hukum yang kompleks sehingga dapat memperjelas penyajian pesan
secara tertulis, media apa yang paling tepat dipilih oleh guru tersebut....
A. Bagan
B. APE (Alat Permaian Edukadif)
C. Flip Chart
D. Foto
E. Gambar
Jawaban: A
6. Seorang guru merancang evaluasi dengan mendasarkan pada indikator
dan tujuan pembelajaran yang sudah ditentukan di RPP. Evaluasi tersebut
dimaksudkan untuk menentukan hasil dan kemajuan belajar siswa, maka jenis
evalausi yang tepat dipilih oleh guru adalah….
A. Evaluasi formatif
B. Evaluasi sumatif
C. Evaluasi selektif
D. Evaluasi diagnostik
E. Evaluasi penempatan
Jawaban: B
7. Seorang Guru mencari materi dan media dari internet saat menyusun
rencana pembelajaran (RPP), materi dan media tersebut akan disampaikan pada
proses pembelajaran dengan maksud agar siswa tidak mengalami kesulitan memahami
pelajaran. Langkah apa yang harus dilakukan oleh seorang Guru saat memilih
materi pelajaran….
a. Mengidentifikasi aspek-aspek yang terdapat dalam kompetensi inti,
kompetensi dasar, dan indikator
b. Menganalisis potensi peserta didik; relevansi dengan karakteristik
daerah; dan struktur keilmuan
c. Menyesuaikan dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual,
emosional, sosial, dan spritual peserta didik
d. Melihat kebermanfaatan bagi peserta didik; aktualitas, kedalaman,
dan keluasan materi pembelajaran
e. Relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan,
alat dan sumber bahan, dan alokasi waktu
Jawaban: A
8. Dengan mencermati silabus, seorang guru akan merancang pelaksanaan
pembelajaran (RPP). Sebagaimana yang tertuang dalam Permendikbud RI No 22 tahun
2016 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mencakup sekurang-kurangnya....
A. Kompetesi inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, materi ajar,
model pembelajaran, metode pembelajaran, strategi pembelajaran, dan penilaian
hasil belajar
B. Identitas mata pelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar,
materi ajar, model pembelajaran, metode pengajaran, sumber belajar, penilaian
hasil belajar, dan bobot penilaian hasil belajar
C. Standar kompetensi, kompetensi dasar, metode pengajaran, media
pembelajaran, sumber belajar, langkah pembelajaran, tes hasil belajar, dan
kunci jawaban tes
D.Identitas mata pelajaran, tujuan pembelajaran, materi ajar, model
pembelajaran, media, sumber belajar, langkah pembelajaran, dan penilaian hasil
belajar
E. Identitas sekolah, identitas mata pelajaran, tujuan pembelajaran,
materi ajar, media, sumber belajar, langkah pembelajaran, dan penilaian hasil
belajar
Jawaban: E
9. Seorang guru senior mengajar siswanya dengan metode diskusi dan
menggunakan media gambar yang sudah berlangsung dari tahun ke tahun. Pada awal
semester baru 2019 siswa dikelas tersebut diketahui 70% memiliki preferensi
belajar kinestetik sehingga mereka tidak fokus saat pembelajaran dan diskusi
berlangsung, siswa lebih senang jika mengerjakan tugas yang diberikan oleh
guru. Dari kasus tersebut strategi pembelajaran yang paling tepat dipilih
guru….
A. Kooperatif
B. Project based learning
C. Kontekstual
D. Inqury
E. Discovery
Jawaban: B
10. Di sekolah seorang guru menuliskan beberapa aturan seperti dilarang
menginjak rumput dan mencoret-coret meja hal ini merupakan pembiasaan kepada
peserta didik agar berkembang kecerdasan….
A. Naturalis
B. Kinestetis
C. Visual spasial
D. Verbal linguistic
E. Logis matematis
Jawaban: A
11. Seorang guru ingin mengetahui kemampuan siswa dalam mengatur dan
mengelola perbedaan pendapat ketika dilakukan diskusi kelompok. Guru tersebut
membuat lembar daftar cek (check list) dalam bentuk skala yang harus diisikan
oleh siswa untuk menilai teman kelompoknya. Jenis penilaian otentik-holistik
yang dapat dipilih oleh guru tersebut yaitu….
A. Penilaian kinerja
B. Penilaian proyek
C. Penilaian portofolio
D. Pertanyaan terbuka E. Penilaian diri
Jawaban: A
12. Jika guru memberikan penugasan kepada siswa yang bertujuan untuk
mengukur kemampuan dalam menghasilkan karya tertentu dan dilakukan secara
berkelompok. Maka jenis penilaian otentik yang tepat adalah….
A. Peniaian kinerja
B. Peniaian portofolio
C. Penilaian proyek
D. Penilaian jurnal
E. Penilaian diri
Jawaban: C
13. Pada akhir pembelajaran siswa diminta untuk mendemonstrasikan tugas
belajar yang diberikan guru dengan tujuan agar siswa tersebut mengaplikasikan
kemampuan keterampilan yang dimilikinya dan guru dapat menilai kompetensinya.
Instrumen yang dapat dipilih oleh guru untuk merekam hasil belajar yaitu….
A. Daftar cek (check list)
B. Benar salah (true false)
C. Pilihan ganda (multiple choice)
D. Menjodohkan (matching)
E. Jawaban bebas (Completion test
Jawaban: A
14. Sebagian siswa mengalami kesulitan menjawab soal tes pilihan ganda
yang disusun oleh guru hal tersebut disebabkan materi dalam soal sebagian belum
dipelajari oleh siswa, karena materi tersebut seharusnya diberikan pada
pertemuan berikutnya. Hal yang seharusnya dilakukan guru dalam menyusun soal
tes pilihan ganda pada aspek materi yaitu….
A. Soal harus sesuai dengan indikator
B. Pokok soal harus dirumuskan secara jelas
C. Pilihan jawaban harus homogen dan logis
D. Panjang rumusan pilihan jawaban relatif sama
E. Butir tes tidak tergantung pada jawaban sebelumnya
Jawaban: A
15. Hasil penilaian akhir yang dilakukan oleh guru diketahui beberapa
siswa telah memenuhi ketuntasan belajar dan ada juga siswa yang belum memenuhi
kreteria ketuntasan belajar. Mendasarkan pada kasus tersebut guru dapat melakukan
tindak lanjut hasil penilaian yang dapat dimanfaatkan untuk beberapa hal.
Berikut merupakan pemanfaatan hasil penilaian oleh Guru, kecuali…
A. Memperbaiki program pembelajaran
B. Menyelenggarakan program remedial bagi siswa yang hasilnya rendah
C. Menyelenggarakan program pengayaan bagi siswa yang hasilnya tinggi
D. Mengadministrasikan hasil penilaian E. Menyusun laporan hasil
penilaian
Jawaban: D
Demikian contoh soal PPPK Pedagogik Kemenag 2023 yang kiranya sering
keluar setiap pelaksanaan seleksi calon pegawai PPPK. Semoga dengan contoh soal
ini dapat menambah pengetahuan dan menjadi bahan persiapan bagi anda yang akan
mengikuti tes PPPK. Sekian dan terima kasih.
Posting Komentar untuk "Contoh Soal PPPK Pedagogik Kemenag 2023 yang Sering Keluar, Cek Disini..."
Posting Komentar